Senin, 28 Mei 2012

CINTA menurut Psikologi Perkembangan

cinta..


@lliors,kali ini gue mau ngebahas soal cinta, tapi dari jendela psikologi perkembangan (bukan jendela rumah orang yah !!). dalam uku psikologi perkembangan yang gue baca, cinta diartikan penuh setelah seseorang berusia 18 tahun keatas. but, sometimes we found it early or late.


selama tahap perkembangan keintiman ini, nilai-nilai cinta muncul (*menyeruak dari dalam kerumunan tomcat). CINTA mengacu pada perilaku yang sangat luas dan kompleks (that's RIGHT!!). menurut Santrock (1995) cinta dapat diklasifikasikan menjadi 4 bentuk  cinta : Altruisme, Persahabatan, Cinta yang romantis atau bergairah, dan Cinta yang enuh perasaan atau persahabatan. perkembangan cinta dan keintiman sejati baru muncul setelah seseorang beranjak dewasa.  pada masa ini, perasaan cinta leih dari sekedar gairah atau romantisme, melainkan suatu afeksi - cinta yang penuh perasaan dan kasih sayang. cinta pada orang dewasa ini diungkapkan dalam bentuk kepedulian terhadap orang lain.


sehubungan dengan cinta yang penuh afeksi ini, Stenberg (1993) mengemukakan sebuah teori cinta yang dikenal dengan "the triangular theory of love", yang menyatakan cinta memiliki tiga bentuk utama yaitu : 

  1. Gairah - cinta lebih didasarkan atas daya tarik fisik dan seksual pada pasangan
  2. Keintiman - cinta yang lebih didasarkan pada perasaan emosional tentang kehangatan, kedekatan dan berbagi dalam hubungan
  3. Komitmen - cinta yang lebih didasarkan pada penilaian kognitif kita atas hubungan dan niat kita untuk mempertahankan hubungan, bahkan ketika menghadapi masalah sekalipun.
lebih jauh Stenberg mengemukakan, bahwa jika dalam suatu hubungan hanya ada gairah tanpa disertai dengan keintiman dan komitmen, maka yang terjadi hanyalah nafsu. pola ini mungkin terjadi dalam suatu hubungan perselingkuhan. sebaliknya jika hubungan memiliki keintiman dan komitmen tapi dengan sedikit gairah atai bahkan tidak ada, maka terjadilah cinta yang penuk afeksi atau kebersamaan. pola ini sering ditemukan pada pasangan bahagia yang telah lama membina hubungan rumah tangga bertahun-tahun lamanya. akan tetapi, jika yanng ada hanya gairah dan komitmen  tanpa disertai dengan keintiman, hubungan itu disebut sebagai "fatuous love" (cinta konyol). oleh sebab itu, suatu tipe cinta yang paling kuat atau disebut "consummate love" (cinta yang sempurna) hanya akan terbentuk jika dilandasi oleh  3 komponenn cinta (gairah, keintiman dan komitmen).

so, @lliors.. kira-kira cinta yang @lliors punya sekarang termasuk yang mana hayoooo??? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar